Menderita di Arab Saudi, 4 Pemain yang Bisa Balik ke Eropa Termasuk Eks Kapten Liverpool

Iniparlay.com – Pindah ke Liga Arab Saudi tidak semudah yang dikira. Tahun 2023 lalu memang ada banyak eksodus pemain Eropa ke Saudi, termasuk nama-nama top, tapi tidak semua berjalan mulus.

Tren pindah ke Arab dimulai oleh Cristiano Ronaldo pada awal tahun 2023. Memang di tahun-tahun sebelumnya sudah banyak pemain Eropa yang ke Saudi Pro League, tapi umumnya pemain kelas dua.

Nah, sejak Ronaldo bergabung dengan Al Nassr pada Januari 2023, level Liga Arab Saudi meningkat drastis. Nama-nama top lainnya menyusul, termasuk Neymar, Sadio Mane, Sergej Milinkovic-Savic, Riyad Mahrez, Jordan Henderson, dan banyak lainnya.

Sebagian besar nama-nama top itu bergabung dengan empat klub top Arab Saudi: Al Nassr, Al Hilal, Al Ahli, dan Al Ittihad. Alhasil, persaingan musim ini pun jadi lebih sengit, level liga terdongkrak.

Masalahnya, setelah sekitar setengah musim berjalan, ternyata tidak semua pemain nyaman bermain di Arab Saudi. Ada beberapa pemain yang tampak kesulitan beradaptasi, baik di luar lapangan maupun di dalam lapangan.

Paling tidak, ada empat pemain yang kini terlihat paling kesulitan. Empat pemain ini mungkin saja kembali ke Eropa dalam waktu dekat. Siapa saja?

1. Roberto Firmino

Roberto Firmino could make shock Premier League return with Fulham among  top-flight clubs offered Liverpool legend | talkSPORT

Pada awalnya, situasi tampak sangat baik bagi Roberto Firmino. Dia meninggalkan Liverpool untuk bergabung dengan Al Ahli yang memang membutuhkan striker baru.

Firmino langsung tancap gas. Dia mencetak hattrick di debutnya, laga Al Ahli kontra Al Hazm pada 11 Agustus 2023. Sayangnya, masa-masa indah itu terlalu singkat.

Performa Firmino lantas merosot drastis. Dia tidak pernah mencetak gol dalam 18 pertandingan beruntun dan sekarang bahkan tidak lagi jadi starter. Wajar jika Firmino ingin kembali ke Eropa.

2. Jordan Henderson

Jordan Henderson wants out of Saudi Arabia – but returning home could cost  millions

Mantan rekan setim Firmino di Liverpool, Jordan Henderson juga kesulitan di Liga Arab Saudi. Masalah Henderson sepertinya lebih banyak soal adaptasi lingkungan yang berdampak ke performa di lapangan.

Mengutip Daily Mail, Henderson sekarang tidak betah bermain di Saudi Pro League. Kabarnya Henderson ingin balik ke Premier League secepatnya. Henderson juga disebut siap menerima tawaran dari klub mana pun pada Januari 2024 ini.

Jika memang Henderson ingin cabut ke Premier League lagi, dia harus siap merugi. Dia bakal kehilangan pemasukan hingga jutaan pounds, termasuk pemasukan dari gaji.

3. Karl Toko Ekambi

Malgré son but, Mahrez rate sa revanche face à Ekambi ! (Vidéo)

Nama ketiga yang dikabarkan ingin segera meninggalkan Arab Saudi adalah Karl Toko Ekambi. Agustus 2023 lalu, Abha mendatangkan Ekambli dari Lyon dengan biaya mencapai Rp26 miliar.

Ekambi bermain sebagai striker dan dia terbukti cukup mahir mencetak gol. Musim ini, Ekambi sudah menyumbang 7 gol dan 1 assist dari 17 penampilan di semua kompetisi.

Sayangnya, muncul rumor bahwa Ekambi tidak betah dengan situasi di Arab Saudi. Adaptasinya berjalan sulit, dia bakal kembali ke Eropa.

4. Jota

Jota seals big-money move from Celtic to Saudi Arabia

Kasus Diogo Jota lebih unik lagi. Al Ittihad mendatangkannya dari Celtic pada Juli 2023, dikontrak tiga tahun. Namun, baru sebulan setelah teken kontrak, muncul kabar Jota bakal dilepas.

Gosip ini sempat menguat. Walaupun belum ada keterangan lebih lanjut mengenai alasan mendepak Jota, ada kemungkinan sang pemain tidak cocok di skema permainan Al Ittihad.

Hingga kini Jota hanya lima kali tampil di Liga Arab Saudi, menyumbang satu gol. Dia tidak punya tempat di tim Al Ittihad.

event judi bola terbaik
Iniparlay.com : Info berita Olahraga Sepakbola terupdate dan terpercaya

Related Posts